MAKALAH TENTANG GAGASAN AL QUR'AN

GAGASAN TENTANG AL-QUR’AN

PENDAHULUAN
A.       LATAR BELAKANG
          Al-Qur’an adalah kitab suci agama Islam. Umat islam percaya bahwa Al-Qur’an merupakan puncak dan penutup Wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia, dan bagian dari rukun iman yang disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantara Malaikat Jibril.
            Dan sebagai Wahyu pertama yang diterima Rasulullah SAW, sebagaimana terdapat dalam surat Al-Alaq ayat 1-5. Al-Qur’an merupakan salah satu kitab yang mempunyai sejarah panjang yang dimiliki oleh umat Islam dan sampai sekarang masih terjaga keasliannya.
            Al-Qur’an dalam pengumpulannya mempunyai dua tahap yaitu tahap petama pengumpulan Al-qur’an dalam arti menghafal Al-Qur’an pada masa Nabi, tahap kedua dalam arti penulisan Al-Qur’an, hal ini dinamakan penghafalan dan pembukuan Al-Qur’an.
            Setelah Wafatnya Nabi Muhammad SAW, proses pengmpulan Al-Qur’an terus dilaksanakan oleh para khalifah sehingga terbentuklah Mushaf Usmani seperti yang ada pada saat sekarang ini.
             Penyebaran islam bertambah luas  membuat para Qurra pun tersebar dan memiliki latar bealakang yang berbeda sehingga menimbulkan perbedaan dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini menimbullkan kecemasan dikalangan sahabat. Sehingga Khalifah Usman bin Affan memerintahkan keempat orang quraisy yaitu, Zaid bin Zabit, Abdullah bin Azzubar, Said bin Al-ash, Abdulrahman bin Al-harisi bin hysam. Keempat orang tersebutlah yang ditugas untuk menyalin dan memperbanyak Al-Qur’an dengan satu pedoman dalam cara-cara membacanya, hal ini telah di sepakati oleh para sahabat.
Dan Al-Qur’an juga memiliki multi fungsi dan selalu mempunyai hubungan yang pasti dalam fenomena-fenomena kehidupan, hal ini diantaranya mukjizat, akidah, ibadah, mu’amalah, akhlak, hukum, sejarah, dan dasar-dasar sains. 
Untuk itulah materi ini sangat penting untuk dipelajari, karena sangat disayangkan jika umat Islam tidak tahu apa itu Al-Qur’an tersebut. Hal inilah penulis berkeinginan membahas tentang Al-quran.
    RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian Al-Qur’an ?
2.      Apa nama – nama Al-Qur’an ?
3.      Garis besar isi kandungan Al-Qur’an ?

PEMBAHASAN

1.      PENGERTIAN AL-QUR’AN
          Al-Qur’an menurut bahasa berarti bacaan.Tidak ada satu pun bacaan di dunia yang menandingi keindahan bacaan Al-Qur’an.Kitab Al-Qur’an juga sebagai nama kitab suci Allah SWT yang terakhir diturunkan-Nya kepada Nabi Muhammad saw.
إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ (١٧)
فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ (١٨)

(١٨-١٧: سورة القيامة )


                             17. Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya.
                             18. Apabila Kami telah selesai membacakannya  maka ikutilah bacaannya itu.
( QS. Al-Qiyamah/75: 17-18 )

         Al-Qur’an menurut istilah adalah kalamullah (firman Allah SWT) yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw dengan perantara Malaikat Jibril,menjadi mukjizat atas kenabiannya dan kerasulannya yang tertulis dalam mushaf-mushaf yang sampai kepada kita dengan mutawatir dan membacanya menjadi ibadah sebab bacaannya yang  mulia.Tidak ada seorang pun yang akan mampu membuat yang serupa dengan Al-Qur’an, bahkan sekiranya jin dan manusia bergabung saling mebantu bekerja sama membuat yang serupa dengan Al-Qur’an.Maka mereka tidak akan mungkin dapat membuatnya walau hanya satu surah.
Isi Al-Qur’an sama dan seragam di setiap masa di seluruh dunia.Sama kata-katanya bahkan sama pula huruf-hurufnya, titik-titik dan harakatnya.Begitu pula isi surah-surahnya tidak ada pertentangan antara surah yang satu dengan surah yang lainnya.Pada setiap surah Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar bagi Nabi Muhammad saw yang di tinjau dari segi lafaz maupun isinya, ini membuktikan bahwa Al-Qur’an benar-benar wahyu Allah dan bukan ciptaan manusia.Sesuai dengan kedudukannya sebagai kitab yang terakhir,bahwa Al-Qur’an memiliki sifat-sifat keabadian yaitu sifat-sifat yang tetap aktual sehingga tetap memenuhi kepentingan umat manusia agar serasi dan selaras dengan situasi serta kondisi tempat dan waktu sebab itulah Al-Qur’an tidak akan pernah usang tanpa guna.
1.      NAMA-NAMA AL-QUR’AN
        Nama-nama Al-Qur’an yang umum diantaranya Al-Qur’an  (bacaan), Al-kitab (tulisan yang ditulis), Al-Furqan (pembeda), Az-Zikr (peringatan), As-Suhuf (himpunan lembaran), Al-Kalam (firman Allah), An-Nur (cahaya), Al-Huda (petunjuk), Ar-Rahmah (rahmat), Asy-Syifa (obat), Al-Mau’izah (petunjuk), Al- Karim (yang mulia), Al-‘Ali (yang tinggi), Al-Hakim (yang bijaksana), Al-Hikmah (kebijaksanaan), Al-Muhaimin (pemberi rasa aman), dan Al-Mubarak (yang diberkahi).
       Sebagian nama-nama Al-Qur’an merupakan sebutan yang di berikan Allah SWT kepada Al-Qur’an itu sendiri, seperti penyebutan nama-nama Al-Qur’an pada ayat-ayat sebagai berikut :

1.Al-Qur’an (bacaan)
Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an kepadamu (Muhammad) secara berangsur-angsur. (QS. Al-Insan [76]: 23)
      2.Al-Kitab (tulisan yang tertulis)
Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf kalangan mereka sendiri, yang  membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (Jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (sunnah), meskipun sebelumnya,mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata. (QS. Al-Jumu’ah [62]: 2)
3.Al-Furqan (pembeda)
Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al-Qur'an) kepada hamba-Nya(Muhammad), agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam(jin dan manusia). (QS. Al Furqaan [25]:1)
4.Adz-Zikr (peringatan)
(mereke Kami utus) dengan membawa keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. Dan Kami turunkan Az-Zikr (Al-Qur’an) zkepadamu, enkau menerangkan kepada manusia apa yang telah di turunkan mereka dan agar mereka memikirkan. (QS. An-Nahl [16]: 44)
5.As-Suhuf (himpunan lembaran)
(yaitu) seoarang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang suci (Al-Qur’an). (QS.Al-bayyinah [98]: 2)
      6.Kalamullah/Al-kalam (firman Allah)
Dan jika di antara kaum musryikin ada yang meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah agar dia dapat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah dia ke tempat yang aman baginya. (Demikian) itu karena sesungguhnya mereka kaum yang tidak mengetahui. (QS. At-Taubah[9]: 6)
7.An-Nur (cahaya)
Maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada cahaya (Al-Qur’an) yang telah Kami turunkan. Dan Allah kerjakan. (QS. At-Tagabun[64]: 8)
8.Al-Huda (petunjuk)
Dan sesungguhnya kami jin tatkala mendengar petunjuk (Al-Qur'an), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Tuhannya, maka  tidak perlu ia rugi atau berdosa. (QS. Al Jin [72]:13) 
9.Ar-Rahmah (rahmat)
Hai manusia, sungguh telah ating kepadamu pelajaran (Al-Qur’an) dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit yang ada dalam  dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yunus [10]:57)
10.Asy-Syifa' (obat/penyembuh)
     Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh          bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang        yang beriman. (QS. Yunus [10]:57)
Al-Mau’izah (pelajaran/nasihat)
Hai manusia, sesungguhnya telah ating kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (QS. Yunus [10]:57)
12.Al-Hakim (yang bijaksana)
Dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al-Qur'an itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu terhadap (siksa) Allah. (QS. Ar Ra'd [13]:37)
13.Al-Hikmah (kebijaksanaan)
Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Dan janganlah kamu mengadakan tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah). (QS. Al Israa' [17]:39)

            Al-Qur’an turun dari Lauhul Mahfuz (catatan mengenai ketentuan yang telah ditetapkan Allah SWT) kepada Malaikat Jibril pada malam Qadar (malam kemuliaan).Al-Qur’an turun kepada Nabi Muhammad saw.Secara bertahap selama 23 tahun masa kenabiannya dengan berbagai cara,antara lain melalui wahyu ke dalam hati Nabi Muhammad saw oleh Jibril, penampakan Jibril dengan wujud seorang laki-laki kepada Nabi Muhammad saw, bunyi gemerincing lonceng dan penampakn wujud asli Jibril.

GARIS BESAR ISI KANDUNGAN AL-QUR’AN

Isi Kandungan Alquran : Aqidah, Ibadah, Akhlak, Hukum, Sejarah & Dorongan Untuk Berfikir – Garis Besar / Inti Sari Al-Quran
Al-Quran adalah kitab suci agama islam untuk seluruh umat muslim di seluruh dunia dari awal diturunkan hingga waktu penghabisan spesies manusia di dunia baik di bumi maupun di luar angkasa akibat kiamat besar.
Di dalam surat-surat dan ayat-ayat alquran terkandung kandungan yang secara garis besar dapat kita bagi menjadi beberapa hal pokok atau hal utama beserta pengertian atau arti definisi dari masing-masing kandungan inti sarinya, yaitu sebagaimana berikut ini :
1. Aqidah
Aqidah adalah ilmu yang mengajarkan manusia mengenai kepercayaan yang pasti wajib dimiliki oleh setiap orang di dunia. Alquran mengajarkan akidah tauhid kepada kita yaitu menanamkan keyakinan terhadap Allah SWT yang satu yang tidak pernah tidur dan tidak beranak-pinak. Percaya kepada Allah SWT adalah salah satu butir rukun iman yang pertama. Orang yang tidak percaya terhadap rukun iman disebut sebagai orang-orang kafir.
2.Ibadah dan Muamalah
Ibadah adalah taat, tunduk, ikut atau nurut dari segi bahasa. Dari pengertian “fuqaha” ibadah adalah segala bentuk ketaatan yang dijalankan atau dkerjakan untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Bentuk ibadah dasar dalam ajaran agama islam yakni seperti yang tercantum dalam lima butir rukum islam. Mengucapkan dua kalimah syahadat, sholat lima waktu, membayar zakat, puasa di bulan suci ramadhan dan beribadah pergi haji bagi yang telah mampu menjalankannya.
Ibadah dengan muamalah merupakan dua hal yang harus beriringan dalam kehidupan manusia. Ibadah merupakan hubungan manusia dengan Allah dan muamalah merupakan hubungan dengan sesama manusia. Keduanya harus dilakukan untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat kelak.
3. Akhlaq
Akhlak adalah perilaku yang dimiliki oleh manusia, baik akhlak yang terpuji atau akhlakul karimah maupun yang tercela atau akhlakul madzmumah. Allah SWT mengutus Nabi Muhammd SAW tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memperbaiki akhlaq. Setiap manusia harus mengikuti apa yang diperintahkanNya dan menjauhi laranganNya.
4. Hukum
Hukum yang ada di Al-quran adalah memberi suruhan atau perintah kepada orang yang beriman untuk mengadili dan memberikan penjatuhan hukuman hukum pada sesama manusia yang terbukti bersalah. Hukum dalam islam berdasarkan Alqur’an ada beberapa jenis atau macam seperti jinayat, mu’amalat, munakahat, faraidh dan jihad.
5.Peringatan / Tadzkir
Tadzkir atau peringatan adalah sesuatu yang memberi peringatan kepada manusia akan ancaman Allah SWT berupa siksa neraka atau waa’id. Tadzkir juga bisa berupa kabar gembira bagi orang-orang yang beriman kepadaNya dengan balasan berupa nikmat surga jannah atau waa’ad. Di samping itu ada pula gambaran yang menyenangkan di dalam alquran atau disebut juga targhib dan kebalikannya gambarang yang menakutkan dengan istilah lainnya tarhib.
6.Sejarah-Sejarah atau Kisah-Kisah
Sejarah atau kisah adalah cerita mengenai orang-orang yang terdahulu baik yang mendapatkan kejayaan akibat taat kepada Allah SWT serta ada juga yang mengalami kebinasaan akibat tidak taat atau ingkar terhadap Allah SWT. Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari sebaiknya kita mengambil pelajaran yang baik-baik dari sejarah masa lalu atau dengan istilah lain ikibar.
7. Dorongan Untuk Berpikir
Di dalam al-qur’an banyak ayat-ayat yang mengulas suatu bahasan yang memerlukan pemikiran menusia untuk mendapatkan manfaat dan juga membuktikan kebenarannya, terutama mengenai alam semesta.

KESIMPULAN

             Al-Qur’an merupakan  kitab suci agama islam yang di turunkan oleh Allah SWT lewat malaikat jibril. Al-Qur’an mempunyai banyak nama-nama Al-Qur’an mempunyai arti masing-masing Al-Qur’an juga mempunyai kandungan yang pada dasar nya mempunyai makna yang bermanfaat untuk berjalan atau kehidupan umat muslim pada umumnya. 

DAFTAR PUSTAKA

·         Al-asqalani, Ibnu Hajar. t.t. Bulughul Maram, Beirut: Darul Fikr.
·         Al-Maraghi, Mustafa Ahmad. 1980. Tafsir Al-maraghi. Beirut: Darul Fikr.
·         As-Suyuthi, Jaladdin. t.t. Al-Itqan Fi Ulumil Qur’an. Mesir: Maktabah Mis-riyah.
·         Departemen Agama RI. 2006. Standar Isi Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Di rektorat Jendral                         Pendidikan Islam.
·         Departemen Agama RI. 2009.Mushaf Al-Qur’an Tajwid Amzah. Jakarta: Bumi Aksara.
·         Departemen Pendidikan Nasional. 2002. kamusBesar bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta:                         Balai Pustaka.
·         Fachrudi, Irfan. 2001. Pilihan Sabda Rasul (Hadis-Hadis Pilihan). Jakarta: bumi Aksara.
·                     http: / / al-islam.com /
·         http: / / www.al-eman.com / hadeeth / viewchp.asp?BID=13&CID=4#s10
·         Muhammad, Abu Bakr. t.t Subulussalam (terjemah). Jilid 1 dn 2. Surabaya: Al-Ikhlas.
·         Shihab, Quraish. 1999. Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. Bandung: Pustaka Hidayah.
·         Yahya, Abu Zakariya. 1974. Riyadush Shalihin. Libanon: Darul Fikr.
·         Zarkasyi, Imam. 1990. Pelajaran Tajwid. Gontor: Trimurti.


2 komentar:

  1. Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

    And making money with it is as simple as 1..2..3!

    Follow the steps below to make money...

    STEP 1. Input into the system which affiliate products you intend to promote
    STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the affiliate products system explode your list and sell your affiliate products all by itself!

    Are you ready to make money automatically???

    Click here to start running the system

    BalasHapus
  2. Merkur Safety Razor Review - xn--o80b910a26eepc81il5g.online
    Merkur Razor Review – งานออนไลน์ Is this Merkur 1xbet HD adjustable razor an improvement over the previous 메리트 카지노 주소 razor? Read our full Merkur review

    BalasHapus

PENGERTIAN HADITS, PERBEDAAN DENGAN AL-QU’AN DAN RUANG LINGKUPNYA

  A.       Pendahuluan      Al Quran dan hadits merupakan pedoman bagi seluruh umat islam di dunia yang mengatur kehidupan mereka. “Aku ti...

TRENDING